Kamis, 12 Juni 2008

Sejarah Berdirinya Wilayah St Bernadette (1982-2006)

Wilayah Santa Bernadette (thn 1982 – thn 2006)

Seperti kata pepatah , “Kalau tak mengenal maka tak tahu“, disini akan kami tuturkan sedikit mengenai apa dan siapa Wilayah Santa Bernadette ini, yang kami dapatkan dari beberapa nara sumber.
Sedikit Riwayat singkat Wilayah Santa Bernadette. Sejak masih bergabung dengan Paroki Santo Bonaventura sampai sekarang yang hampir mencapai seperempat abad .
Seiring dengan dibukanya Komplek Walikota, blok baru perumahan Bangun Cipta Sarana dan Komplek Gading Mas yang sekarang menjadi wilayah Bernadette pada awal tahan 1981.
Banyak keluarga Katholik yang bermukim di Komplek komplek perumahan baru ini, dan ada beberapa orang yang terpanggil dan berinisiatif untuk membentuk suatu komunitas basis atau lingkungan di tempatnya.
Karena waktu itu Gereja Katholik yang terdekat dan mudah di capai adalah Paroki Gereja Santo Bonaventura Pulo Mas. Sedangkan Wilayah yang terdekatnya Wilayah Santa Anna yang wilayahnya sekitar Jl Giring-giring sampai dengan Pasar Inpres dan masih dari Paroki Santo Bonaventura.
Dan jalan ke Kelapa Gading Permai belum ada apalagi MKG, yang masih berupa sawah dan rawa rawa.
Maka disepakati bersama pada tahun 1982 daerah perumahan baru ini akan bergabung dengan Wilayah Santa Anna dan diresmikan menjadi Lingkungan Santa Anna IV dengan Ketua Wilayah Santa Anna, Ibu Wangke. Dimana waktu itu yang terpilih menjadi Ketua lingkungan Santa Anna IV adalah Bp. Cosmas Damianus di dampingi Bp. Soedjio. P sebagai sekretaris lingkungan.
Bersamaan dengan bertambahnya penghuni dari tiga komplek perumahan ini yang mencapai sekitar 80 KK, Wilayah Santa Anna dimekarkan menjadi 2 Wilayah yaitu wialyah santa Anna dan Wilayah Santa Bernadette.
Maka pada tanggal 29 April 1984, di resmikan berdirinya Wilayah Santa Bernadette Paroki Santo Bonaventura dengan Ketua wilayah Bp. Cosmas Damianus dengan tiga lingkungan seperti di bawah ini: Lingkungan Santa Bernadette I komplek BCS dgn ketua Lingk . Bp. YB. Karsiman. Lingkungan Santa Bernadette II komplek Walikota dgn ketua LIngk . Bp. Hardiman. Lingkungan Santa Bernadette III komplek BCS dgn ketua Lingk . Bp. Harry Lumandong.
Tanggal diresmikannya Wilayah Bernadette ini juga menjadi acuan peringatan Hari Ulang Tahun Wilayah Bernadette , dan selalu dirayakan bersamaan dengan Hari nama Pelindung Wilayah yaitu Santa Bernadette yang selalu jatuh di akhir bulan April, dan karena masih berdekatan dengan Paskah , jadi digabungkan juga menjadi acara Paskah Wilayah, yang dimana Panitya acara ini bergilir dari tiap Lingkungan bergantian.
Masih dengan semangat tinggi awal bulan berikutnya yaitu bulan Mei 1984 juga diresmikan berdirinya Koor Wilayah dengan Koordinator Koor Bp. Willy Marzuki, dengan pelatih Bp, Rusli.
Sayang nya koor ini hanya bertahan sampai pertengahan tahun 1986 dan mulai menghilang.
Sejalan dengan pemekaran Paroki Santo Bonaventura dengan berdirinya Gereja Paroki Santo Yakobus yang saat itu masih ditengah tengah sawah pada bulan Juni 1986. dan pada tanggal 23 Juli 1986 diresmikan menjadi Hari Ulang Gereja Santo Yakobus.
Maka wilayah Bernadette dan beberapa Wilayah lainnya masuk menjadi bagian dari Paroki Santo Yakobus.
Setelah menjadi bagian dari Paroki Santo Yakobus maka, pada tahun 1987 kembali diadakan pemilihan pengurus Wialyah dan Lingkungan yang baru dengan susunan;
Ketua Wilayah Santa Bernadette : Bp. Y. Puspadi. Ketua Lingkungan Santa Bernadette I Bp. Bunandar. Ketua Lingkungan Santa Bernadette II bp. Yos. Ketua Lingkungan Santa Bernadette III Bp. Tjipto Suroso.
Dan Koor Wilayah yang sempat menghilang dengan sisa semangat yang masih ada akhirnya di hidupkan kembali dengan pelatih Bp. Sunu sampai dengan tahun 1991.
Dengan bertambah banyak nya penghuni baru yang menempati rumah di komplek BCS ini Lingkungan Bernadette I di mekar kan menjadi 2 lingkungan yaitu Lingkungan Santa Bernadette I dan Lingkungan Santa Bernadette IV pada tahun 1990.
Dengan diikuti perubahan dan penambahan pengurus lingkungan dan wilayah menjadi ;
Ketua Wilayah Santa Bernadette Bp. Yos. Ketua lingkungan Santa Bernadette I bp. AV. Soemanto. Ketua lingkungan Santa Bernadette II bp. Lesta. S Ketua lingkungan Santa Bernadette III bp. Tjipto. S. Ketua lingkungan Santa Bernadette IV bp. Christian.
Kepengurusan ini berjalan mulai dari tahun 1990 sampai tahun 1993.
Bersamaan itu juga pelatih koor Wilayah Santa Bernadette dipegang oleh Bp. Pius selama periode thn 1991 sampai dengan 1993.
Dan dilanjutkan oleh Bp Rusli sampai sekarang. Terima kasih kepada bp. Rusli yang sudah meluangkan waktu nya untuk melatih koor Wilayah Santa Bernadete sampai sekarang sehingga menjadi Koor yang cukup punya nama di Paroki Santo Yakobus Kelapa Gading.
Pada tahun 1993 kembali diadakan pemilihan pengurus lingkungan dan Wilayah baru dengan susunan : Ketua Wilayah Santa Bernadette Bp. Tjipto, Kepengurusan bp Tjipto hanya 1 tahun dan digantikan oleh Bp. Karsiman. Pada saat itu yang menjabat ketua lingkungan adalah: Ketua lingkungan Santa Bernadette I bp. Andreas. Ketua lingkungan Santa Bernadette II bp. Lesta. S. Ketua lingkungan. Santa Bernadette III. Ibu Tjipto. S.
Ketua lingkungan Santa Bernadette IV bp. Wily . M. dan dilanjutkan Bp Andi Lolo.
Setelah dua periode kepengurusan maka , pada tahun 1999 diadakan pemilihan kembali pengurus lingkungan dan Wilayah baru dengan susunan : Ketua Wilayah Santa Bernadette Bp. Hardiman. Pada saat itu yang menjabat ketua lingkungan adalah:
Ketua lingkungan. Santa Bernadette I bp. Tirta. Ketua lingkungan. Santa Bernadette II bp. Ho. Iswanto. Ketua lingkungan. Santa Bernadette III. Bp. Lilik. Ketua lingkungan. Santa Bernadette IV Bp Andi Lolo.
Sesusai dengan acuan yang ada dan masa bakti pengurus wilayah dan lingkungan , maka pada tahun 2004 diadakan pemilihan kembali pengurus lingkungan dan Wilayah , dan terbentuk lah pengurus baru dengan susunan : Ketua Wilayah Santa Bernadette Bp.Tirta
Pada saat itu yang menjabat ketua lingkungan adalah: Ketua lingkungan. Santa Bernadette I bp. Giri. Ketua lingkungan. Santa Bernadette II bp. Ho. Iswanto. Ketua lingkungan. Santa Bernadette III. Bp. Lilik. Ketua lingkungan Santa Bernadette IV Bp Yopi.
Dan pada tahun 2005 dilantik secara resmi pula Mudika Wilayah Santa Bernadette.
Tidak terasa Mudika Wilayah Santa Bernadette juga sudah memasuki usia yang kedua.
Kegiatan Mudika Wilayah Bernadette , cukup aktif baik di scope Wilayah atau Paroki, di wilayah sendiri mereka menjadi motor pengerak kegiatan BIA dan juga acara acara Paskah dan Natal.
Se iring dengan di resmikan nya Kapel Andreas Kim Tae Gon pada tahun 2004 dan secara geografis Wilayah wilayah yang ada di sekitar Kapel Andreas Kim Tae Gon, Mulai lebih ber focus pada kegiatan di Wilayah katergorial Kapel Andreas Kim Tae Gon.
Tetapi tetap masih di bawah Paroki Santo Yakobus.
Dan pada tahun 2006 ini bertepatan dengan Hari Ulang Tahun Paroki Santo Yakobus yang ke 20 tahun, Wilayah Santa Bernadette di berikan kepercayaan menjadi Panitya Peringatan Hari Ulang Tahun Paroki Yakobus yang ke 20 bersama dengan Wilayah Santa Lucia, Seksi Kepemudaan, Wanita Katholik Republik Indonesia dan Seksi Sosial Paroki, yang baru kita raya kan bersama dangan Puncak Acara nya di Gunung Geulis Resort Adventure Camp yang di liput Majalah Yakobus bulan lalu.
Panitya HUT ke 20 th Paroki Santo Yakobus merangkap juga sebagai Panitya Perayaan 200th Gereja Katolik Jakarta dari Paroki Santo Yakobus, dimana perayaan ini untuk tingkat Dekenat Utara akan diadakan di PRJ Kemayoran pada bulan April 2007 dan Perayaan Agung 200 th Gereja Katolik Jakarta di Gelora Bung Karno bulan Juni 2007.
Kegiatan dari Wilayah Bernadette cukup banyak baik yang bersifat perlingkungan atau secara global dalam scope Wilayah, maupun dalam scope Paroki.
Untuk kegiatan Liturgis di gereja partisipasi warga Wilayah Bernadette yang menjadi prodiakon cukup banyak.
Demikian juga dengan Koor Wilayah walaupun anggota nya sebagian besar sudah usia indah, tetap saja dalam hari hari raya Gereja dan misa Perkawinan selalu tampil mantap.
Kegiatan BIA setiap hari Sabtu sore di gabung dari empat lingkungan di satu tempat yang berotasi setiap bulan ke lingkungan lingkungan
Kegitan BIA ini selalu seperti riak air , timbul tenggelam, beberapa waktu ke belakang aktif lalu hilang , lalu timbul lagi .
Pada saat ini cukup baik dan ada kembali dan setiap tahun selalu diadakan acara Paskah dan Natal BIA Wilayah Bernadette.
Untuk Tugas tata laksana Wilayah mendapat tugas dalam hari raya besar dan lingkungan dalam misa minggu an biasa.
Demikian juga partisipasi dalam BIA di Kapel Andreas Kim Tae Gon ada beberapa orang warga yang aktif berpartisipasi dalam kegiatan tersebut sebagai pengajar..
Dalam kegiatan Bakti Sosial juga pernah, beberapa kali diadakan kegiatan bakti social berupa kunjungan ke Panti wredha dan Panti Asuhan anak Jalanan.
Perlu diulas sedikit disini profil warga Wilayah Bernadette, sebagian besar warga Bernadette adalah termasuk penduduk pioneer yang berarti adalah orang yang pertama pindah ke Komplek ini Sejak baru di buka, dan sekarang sudah Mulai banyak yang memasuki wialyah usia indah, dan Mudika cukup banyak, golongan BIA dan BIR sedikit
Keadaan ekonomi tergolong menengah dan mencukup cukupi.
Tapi kekompakan dan kebersamaan antar warga di wilayah boleh di bilang baik.
Demikian sekilas tentang Wilayah Bernadete ini dengan segala kekhasnya dan jatuh bangunnya.
Terima kasih.



=========000000==========

1 komentar:

Wilayah Santa Bernadette - Stasi Santo Andreas Kim Tae Gon mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.